Saturday, October 20, 2018

MSG Enak dan Diperlukan Tubuh


“Moms war” di linimasa, adalah salah satu yang “mengerikan” buat Nyonya Bawel.  Suatu masa lewat status seseorang yang “Ngomel” mengenai bahayanya “micin” Status tersebut menyerang status kawan lain. Kawan yang ngomel, menyesalkan status kawan, yang membanggakan kelezatan hasil masakannya yang disukai anak karena menggunakan penyedap rasa alias “micin”.



“Nggak perlu juga saya tuliskan bahayanya micin. Silakan cari di google. Kok masih mencekoki anak dengan “racun?” Sejak menikah dan mempunyai anak, saya hanya menggunakan gula dan garam untuk menyedapkan masakan saya” Begitu lebih kurang statusnya.

Helo, di google juga banyak loh informasi manfaat MSG. Tahukah anda kalau sesungguhnya garam dan gula jauh lebih berbahaya dari MSG. Orang dengan penyakit hipertensi harus mengurangi garam. Orang dengan penyakit diabetes harus mengurangi gula. Belum ada yang menentukan orang harus mengurangi atau menjauhkan rasa gurih/Umami. Umami adalah rasa yang di dapat dari MSG. MSG Enak dan Diperlukan Tubuh.




Monosodium Glutamate atau yang lebih dikenal dengan MSG adalah  salah satu dari asam amino non-esensial yang paling banyak dikonsumsi  masyarakat. Sedangkan MSG garam penyedap rasa. MSG dapat membuat cita rasa makanan jadi lebih gurih dan nikmat.  Buat Nyonya Bawel makanan sehat itu penting tapi mengolah makanan sehat itu dengan enak atau tetap enak, adalah persoalan yang berbeda. Nyonya Bawel, Ibu dua anak usia remaja (15 dan 18 tahun), Lumayan banyak pengalaman dalam menghadapi anak susah makan. Dua anak memiliki sifat dan selera makan yang berbeda.  Setiap Ibu pasti pernah menghadapi anak susah makan. 

Ada yang rela memberikan susu formula terus-terusan dengan alasan daripada lapar. Atau memberikan apa saja yang disuka anak. Sukanya mie instan, ya kasih mie instan. Sukanya ayam goreng terpung ya ayam goreng tepung. Sukanya nasi  telur di kasih kecap ya, itu aja.

Padahal persoalan anak susah makan jika tidak ditangani secara cepat dan tepat akan menjadi awal masalah besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu saja tidak bisa memenuhi kebutuhan anak akan serat. Begitu juga tidak baik  kalau cuma mie instan yang tidak lain cuma karbohidrat saja. Untuk tumbuh kembang yang baik, tetap diperlukan kandungan gizi  bervariasi sesuai kebutuhani seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitaman.



Nyonya Bawel bersyukur, hingga ke dua anak remaja, belum sekalipun mereka sakit hingga harus di rawat di RS. Nyonya Bawel dulu, Ibu bekerja. Kekhawatiran terbesar selain di tegur Bos adalah anak tidak makan dengan baik dan cukup. Setiap jam makan, Nyonya Bawel selalu menghubungi pengasuhnya, untuk memastikan anak diberi makan. 

Laporannya selalu mau makan dengan baik. Apakah Nyonya Bawel percaya begitu saja? Ya nggak lah. Nyonya Bawel memastikan kenaikan berat badan anak, juga observasi dari aktivitas anak. Nggak mungkin makan baik atau cukup kalau tidak ada kenaikan berat badan dalam satu bulan. Begitu juga dengan aktifitas, kalau terlihat  lesu dan tidak aktif bergerak, nggak mungkin makan baik dan cukup.

Ketika si Sulung duduk di kelas 6 SD, Nyonya Bawel memutuskan berhenti berkantor, bukan berhenti bekerja. Nyonya Bawel memilih menjadi freelancer setelah 18 tahun berkantor. Dari dulu Nyonya Bawel turun tangan langsung mulai dari memilih bahan, mengolah makanan dan menyajikan untuk keluarga. Nyonya Bawel tahu dengan pasti apa yang disuka dan yang tidak disuka  kedua anak Nyonya Bawel. Tapi Nyonya Bawel mengenalkan semua jenis bahan makanan dan mewajibkan mereka memakannya karena baik dan dibutuhkan untuk tubuh. Walau kini selera mereka sudah terbentuk dan mempunyai kesukaan pada makanan tertentu, Nyonya Bawel tidak lagi mengatur. Namun apa yang tersaji pasti di makan.

Muhammad Fachrurozy - Public Relation Departemen Manager

Prof.Purwiyatno Hariyadi - Ahli teknologi pangan IPB


Pertengahan Oktober 2018, Nyonya Bawel mengikuti Gathering Blogger  di Resto Kapulaga, Bandung yang diselenggarakan Ajinomoto dan Dream.co.id.  Mengangkat tema:

Eat Well Life Well

Muhammad Fachrurozy - Public Relation Departemen Manager Ajinomoto Indonesia dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan ini mampu memberi informasi dan pemahaman yang benar. Sehingga dapat mengedukasi masyarakat mengenai MSG.  Nyonya Bawel mendapat banyak ilmu pengetahuan dari acara ini. 

Hadir nara sumber, Profesor Purwiyatno Hariadi dari IPB. Beliau menyampikan pentingnya kita memahami secara benar apa itu fungsi pangan.


Pertama: Pangan  sebagai sumber zat gizi  dan pangan sebagai sumber kehidupan. Pangan itu sendiri  mengandung energi, protein, sumber asam amino, mineral, vitamin.

Kedua: pangan sebagai sumber kenikmatan.  Maka penting mengetahui persepsi warna. Aroma, flavor/rasa, suhu dll.

Ketiga: pangan dengan fungsi kesehatan/pangan fungsional.

Dengan memahami fungsi pangan, kita dapat mengaplikasikannya dalam keseharian. Jika mengacu pada pemahaman fungsi pangan yang pertama, maka makan tidak sekadar kenyang. Harus disadari pangan sebagai sumber gizi yang diperlukan tubuh agar tumbuh, kuat dan sehat sehingga mampu berproduktifitas.

Fungsi pangan yang kedua  sebagai sumber kenikmatan. Setelah memenuhi fungsi pangan yang pertama, tak salah jika kita juga menikmati pangan sebagai makanan yang enak. Siapa juga akan memilih makanan tidak enak?

Dan yang ketiga, Fungsi pangan sebagai makanan fungsional. selain mengetahui manfaat dari jenis-jenis bahan makanan kita juga perlu tahu fungsinya. Karbohidrat untuk tenaga, protein untuk pertumbuhan, vitamin dan mineral juga mempunyai fungsi masing-masing. Mengetahui fungsi masing-masing pangan, membuat kita tahu menyusun menu makan berdasarkan kebutuhan.

Nyonya bawel boleh bersyukur, pengenalan aneka bahan makanan dan menu-menu makan pada kedua anak bisa dibilang berhasil. Keduanya bisa memakan hampir semua jenis bahan makanan dan menu masakan. Tapi mereka tidak suka masakan yang pedas. Eits-itu mah pilihan. Ketika kedua anak mengatakan Masakan mama Enak, bahagianya tuh luar biasa. Kuncinya, makanan enak, ya dengan penyedap rasa a.k.a. MSG.

Bagaimana Nyonya Bawel bisa menyajikan sayur brokoli jika hanya dengan bumbu bawang putih, garem dan gula? Brokoli sehat tapi nggak enak. Nyonya Bawel harus cerdas mengolah bahan makanan yang dasarnya nggak enak menjadi masakan yang enak. Selain mencampur dengan bahan makanan lain seperti udang, Nyonya Bawel juga mencampur dengan penyedap rasa. Bagaimana dengan persoalan MSG-Monosodium Glutamat? Micin/vetsin adalah bumbu masak yang mengandung MSG-Monosodium Glutamat. Apaan sih MSG itu? MSG Enak dan DiperlukanTubuh

Tahukah anda kalau Monosodium glutamat termasuk jenis asam amino yang diperlukan tubuh? Sebelum sampai ke rumusan kimia yang bikin mumet saya mau bercerita soal rasa. Ada 5 dasar yaitu Manis,Asin, Asam, Pahit dan Umami.

Manis berarti ada glukosa/sukrosa berarti sumber energy
Asin berarti ada kandungan mineral
Asam berpotensi  sesuatu yang sudah busuk/rusak
Pahit berpotensi  berpotensi racum
Umami sumber protein.

Kelima cita rasa dasar ini adalah informasi atau sinyal dasar yang diterima lidah untuk bertahan hidup. Lidah memiliki beberapa bagian yang bisa mengecap dan membedakan kelima cita rasa dasar tersebut. Rasa umami ditemukan ilmuwan Jepang KIKUNAE IKEDA. Beliau meneliti rasa enak/gurih yang ada dalam bumbu khas masakan Jepang.  Bumbu itu disebut  KONBU, DASHI  “Rasa Enak”. Tahun 1908  ditemuka kandungan utama pada Konbu/rasa enak  itu Glutamat.
 
Ilmuwan  Jepang KIKUNAE IKEDA  dalam sebuah prertemuan Internasional di Chicago tahun 1912 mulai memperkenalkan sebuatan rasa Umami yang ternyata juga ada hamper di semua bahan makanan, seperti tomat, keju, asparagus, daging dan disebu dll. Awalnya sulit menjelaskan rasa enak itu umami yang lebih kurang berarti gurih., antara manis, asin, asam dan pahit. 

Rasa Umami di dapat dari Glutamat terikat dan Glutamat bebas. Glutamat terikat di dapat dari protein sedangkan Glutamat bebas hasil perpecahan protein dan penambahan glutamat. Glutamat akan meningkat seiring proses pematangan makanan. Tomat semakin enak jika semakin masak.

Penelitian itu terus dilanjutkan para ilmuwan lain, 1913 disebut INOSINAT, oleh S.KODAMAT, 1957, GUANILAT oleh KUNINAKA. Rasa umami di dapat dari kandungan glutamate yang merupakan salah satu jenis asam amino yang diperlukan tubuh.

Lalu kapan munculnya issue MSG tidak baik? Dimulai dari  Chinese Reastaurant syndrome. (CSR) Dr. Robert Hok Man Kwok (1968) menuliskan di suratkabar  (Jurnal England Medicne)yang menceritakan ia kerap sakit kepala setiap usai makan di restaurant china. Restaurant cina terkenal dalam penggunaan penyedap rasa.da juga yang aleri dengan glutamat. dalam jumlah sedikit tubuh masih bisa menerima tapi pada kadar yang "berlebihan" tubuh menolak. Nah sakit kepala dan pusing usai makan di restauran china adalah sinyal tubuh yang bersangkutan menolak glutamat yang berlebihan.

Tahun 1988 sudah dirilis secara resmi Monosodium Glutamat bukan penyebab rasa pusing atau sakit kepala.  1991. European Comission Scientific Cometee  for food report menjelaskan Glutamat diperlukan buat mereka yang diet.

Jadi buat mereka yang harus diet, agar makanannya tetap enak, jumlah garam dikurangi tapi boleh ditambahkan MSG, agar rasa “:enaknya” tetap di dapat. Karena akan membahayakan bagi mereka yang karena sesuatu dan lain hal harus mengatur pola makan tapi mendapatkan makanan tidak enak, maka akan menimbulkan bahaya /penyakit lain akibat gizi yang tidak terpenuhi.

Suami Nyonya Bawel, tahun lalu terkena serangan stroke ringan, otomatis saya menjaga kesehatannya bukan cuma lewat pemeriksaan rutin dan minum obat tapi juga dalam menjaga makanannya. Apakah Nyonya Bawel pantang menggunakan MSG? nggak tuh. Justru Nyonya Bawel harus menjaga agar selera makanannya tetap terjaga. Nyonya Bawel percaya perlawanan utama penyakit dalam tubuh adalah tubuhnya sendiri.  Bagaimana antibodinya akan terbentuk jika makanannya tidak cukup? Makan cukup tetap harus makanan yang enak. Akan menyedihkan banget kalau harus mengatur pola makan demi sehat tapi yang tersajikan makanan dengan rasa yang tidak enak. Sebaliknya bahan yang kurang enak seperti sayur-sayuran (buat saya semua sayuran rasanya tidak enak tapi kalau diolah dengan enak yang jadi enak dan dimakannyapun tidak susah.

Datu Rembulan, Influncer yang juga seorang Ibu dengan dua anak menceritakan pengalamannya. Ia sudah mencampurkan penyedap rasa untuk MPASI bayinya. Iya kesulitan memberikan makan pada bayinya karena ia mencicipi, makanannya tidak enak. Ketika dicampur dengan penyedap rasa, bayinya mau  makan. Sebetulnya sederhana dan simple. Penggunaan MSG terletak pada takarannya. Yaitu secukupnya. Jadi para dasarnya MSG itu pengust Rasa. Menguatkan Rasa yang sudah ada di daging, ikan, tomat Dan bahan lainnya.

Batas maksimal konsumsi MSG yang direkomendasikan WHO adalah 6 gram per hari. Sementara, Kemenkes RI merekomendasikan batas aman konsumsi MSG sebanyak 5 gram. Di sisi lain, rata-rata orang Indonesia hanya mengkonsumsi 0,65 gram. Sumber: 

Soto Mie Bandung & Chickenm Steak ala chef Deni Gumilang


Bagaimana penggunaan MSG yang tepat, benarkah ditambahkan setelah masakan matang? Menurut Profesor Purwiyatno Hariadi, Tidak. Karena MSG tidak berubah dalam proses pemasakan. Jadi kapanpun bisa atau boleh. Jadi kalau balik lagi soal baik atau tidak baik, yang patut diingat adalah takaran. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Usai dapat informasi yang keren dan sangat bermanfaat, acara dilanjutkan dengan demo masak. Bersama Chef Deni Gumilang yang menyajikan dua menu. yaitu Soto Mie Bandung dan Steak Chicken Roasted. Usai menyaksikan demo masak dan icip-icip, kami diajak bermain dengan lomba menhias/pleting makanan.  Seru dan menyenangkan, apalagi 3 terbaik mendapatkan hadiah. 


Karya Nyonya Bawel

Yang datang kebanyakan perempuan, ada beberapa Blogger laki-laki. Kami semua senang melihat demo masak apalagi bagian icip-icip. Kumpul-kumpul, makan-makan dapat ilmu. Terima kasih



Cheft Deni Gumilang in action



Sunday, October 14, 2018

Persoalan SKM Bukan Susu Belum Selesai, Ayo Kawal kebijakan BPOM

Para pembicara dan moderator

Sebuah  diskusi  di Jakarta, yang dipandu Kang Maman,  menghadirkan narasumber, Pratiwi Febry, SH dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Eni Saeni, S.I.Kom sebagai Pengamat dan Konsultan Media dan Dr. Eni Gustia, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,  mengangkat tema:

MENGAWAL KEBIJAKAN BPOM 
DEMI MEWUJUDKAN GENERASI CERDAS.

Persoalan SKM Bukan Susu Belum Selesai, Ayo Kawal kebijakan BPOM. Sebagian masyarakat dengan pendidikan yang baik, terus berdiskusi dan membahas SKM Bukan Susu.  Sayangnya hal ini berbanding terbalik  dengan situasi dan keadaan di masyarakat. Nyonya Bawel tahu sebagian besar masyarakat yang memberikan SKM sebagai pengganti susu kepada anak-anaknya, karena faktor harga “murah”. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena ternyata, mempersoalkan SKM tida baik bagi kesehatan sudah ada sejak tahun 1930. Jadi terasa aneh dan lucu kalau hingga hari ini, 88 tahun kemudian, kita masih berbicara SKM Bukan Susu.

Hal ini disampaikan Pratiwi Febry, SH dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.  Sudah sejak tahun 1930, sudah ada kritik terhadap SKM. Sudah diketahui kandungan susunya sangat sedikit (sekitar 7%) dan memiliki kandungan gula hampir 50 %.  Pengkonsumsian dalam waktu lama, akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Persoalannya, tidak ada aturan hukum yang melarang beredarnya atau diperjual belikannya SKM. Karena sesungguhnya  SKM tidak berbahaya dan SKM memiliki izin edar, artinya memang boleh diperjual belikan dan boleh dikonsumi. Nyonya Bawel merasa seperti ada link yang terputus. Bukankah seharusnya ada penjelasan lebih jauh siapa dan bagaimana cara mengkonumsi SKM dengan benar?

Surat Edaran yang dikeluarkan BPOM pada tanggal 22 Mei 2018 dan ditujukan kepada produsen, importir, dan distributor. Dalam Surat Edaran tersebut, BPOM mengatur soal Label dan Iklan dari SKM

Adapun isi dari Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tentang label dan iklan pada produk susu kental manis dan analognya, yaitu :

1. Dilarang menampilkan anak di bawah usia 5 tahun dalam bentuk apapun

2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa pada produk susu kental dan     analognya disertakan dengan produk susu lain sebagai penambah dan pelengkap zat gizi. Produk susu lain antara lain susu sapi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu pertumbuhan.

3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan atau susu dalam          gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

5. Produsen / importisr / distributor produk susu kental dan analognya (kategori pangan 01.3) harus menyesuaikan dengan surat edaran ini paling lama enam bulan sejak ditetapkan

Namun menurut penelitian , Eni Saeni, S.I.Kom sebagai Pengamat dan Konsultan Media pada iklan, dan  website dari 2 produsen SKM terbesar, apa yang disampaikan dalam Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tentang label dan iklan pada produk susu kental manis dan analognya, sudah terjadi pelanggaran. Karena nyaris yang dilarang, ada semua di situ.

1.   Menampilkan anak di bawah usia 5 tahun dalam bentuk apapun
2.   Menggunakan visualisasi bahwa pada produk susu kental dan      
     analognya disertakan dengan produk susu lain sebagai penambah dan 
     pelengkap zat gizi. Produk susu lain antara lain susu sapi / susu yang 
     disterilisasi / susu formula / susu pertumbuhan
3.  Menggunakan visualisasi gambar susu cair dan atau susu dalam gelas 
  serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

4.  Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.
Youtube bisa diakses sepanjang waktu.

5. Produsen / importisr / distributor produk susu kental dan analognya (kategori pangan 01.3) harus menyesuaikan dengan surat edaran ini paling lama enam bulan sejak ditetapkan. Semua masih bisa di lihat di website dan youtube .SE BPOM keluar bulan maret, plus 6 bulan berarti seharusnya mulai bulan Oktober sudah tidak boleh ada.

Penggunaan SKM yang tepat sebagai tambahan es campur

.
Benar SKM boleh dikonsumsi tapi hanya sebagai pelengkap makanan.  Bukan pengganti susu. Seperti yang disampaikan  Dr. Eni Gustia, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan Republik. Tugas masyarakat yang tahu adalah ambil bagian untuk turut serta mensosialisasikan cara yang benar dalam mengkonsusmi SKM. SKM boleh digunakan untuk toping makanan seperti olesan roti, campuran adonana kue, pudding atau es campur.

Persoalan SKM Bukan Susu Belum Selesai, Ayo Kawal kebijakan BPOM. Sebagai blogger kita bisa turut berperan dengan terus menerus menyebarkan catatan-catatan tentang SE  BPOM dan dampak buruk SKM. Kepedulian dan peran serta  kita dalam menyebarkan informasi, semoga bisa menjangkau masyarakat luas terutama mereka yang masih memberikikan SKM sebagai pengganti susu kepada anak-anaknya.

Hal-hal diatas menjadi perhatian dan kepedulian Nyonya Bawel karena tumbuh kembang anak dan balita memang bergantung pada asupan            gizi yang diberikan orangtua. Sebagai orangtua Nyonya Bawel sangat peduli dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak. Termasuk mereka yang diluar sana yang masih memberikan SKM sebaga pengganti susu. Hal ini menurut Nyonya Bawel bukan hanya karena faktor ekonomi tapi juga pendidikan dan akses informasi.


Karena jauh lebih penting dan bermanfaat memberikan anak-anak  makanan bergizi baik. Memberikan makanan dengan komposisi sesuai kebutuhan dan usia anak, akan memberikan jaminan tumbuh kembang juga lebih baik. Makanan bergizi tidak mahal. Disajikan dengan rasa yang enak, sehingga anak mau makan. Maka tugas orantua belajar memasak. Sehingga dari bahan yang sederhana bisa tersaji makanan lezat dan bergizi. Pemerintah sudah mensosialisasikan program "ISI PIRINGKU". Pengetahuan tentang isi piringku dan mempraktekannya dalam kehidupan keseharian akan sangat membantu memberantas pemberian gizi yang salah.


Dampak buruk pengkonsumsian SKM dalam waktu lama, selain berpotensi obesitas dan menyebabkan penyakit diabtes. Anak juga bisa kekurangan gizi. Karena umumnya tinggi kandungan gula membuat anak cepat kenyang. Jika anak tidak mendapat asupan makanan bergizi yang cukup, ini juga bisa menyebabkan anak kurang gizi atau pada balita bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan seperti stunting (kuntet). 

Pada anak-anak yang tinggi badanya tidak bertumbuh sesuai usia, bisa juga menyebabkan gangguan tumbuh kembang otaknya.  Adalah sesuatu yang ironis jika pada masa sekarang Indonesia masih menghadapi  masalah “anak kurang gizi”. Karena itu ayo kawal kebijak BPOM. Sebagai Ibu Bangsa, mari kita persiapkan generasi sehat dan cerdas.

Friday, September 21, 2018

Makaroni Brayy Cemilan khas Bandung, yang Enak



Makaroni Brayy Cemilan khas Bandung, yang enak

Saya orang yang suka ngemil. siapa yang suka ngemil? ayo ngacung! Apalagi saat bete. Atau nonton tv atau dikejar DL. Cemilan saya macem-macem asal ringan. Buah tidak lagi masuk kategori cemilan buat saya karena buah sudah jadi makanan pokok. Loh? Iya, sudah lebih dari dua tahun, saya sarapan dengan buah. Buah yang paling ringan, pisang dan pepaya. 

Jadi cemilannya apa? namanya juga orang Indonesia, sukanya ya yang crispy-crispy gitu. ngarti nggak crispy?. Maklum deh saya mantan anak Jakarta-selatan. Crispy itu garing. Kalau digigit bunyi krenyes-krenyes. Saya mau cerita cemilan yang lagi saya dan keluarga gandrungi. Suami saya tamat SMA di Bandung. Jadi buat dia Bandung itu kota kenangan-kenangan. ...lama sudah beta, tidak berjumpa dengan kau, sekarang telah menjadi lautan, mari Bung rebut kembali. Jiah jadi nyanyi deh. Maksudnya saya mau cerita, bandung tuh kota dengan 1000 cerita termasuk kulinernya.

Jadi saya dikenalkan Makaroni Brayy cemilan Khas Bandung. Diproduksi Kang Asep dari Cinunuk yang sudah merasa mati gaya dengan usaha off linenya. Saya kira saya doang yang mati gaya dengan usaha off line. Makanya banting stir jadi blogger. Untungkan? jadi nggak bersaing sama Kang Asep. Saya doyan banget sama yang namanya makaroni.

Orang Bandung mah emang terkenal kreatif-catet pakai f bukan p. Makaroni itu sejenis pasta, bahan makanan asal negara Eropa-tepatnya Italia. saya kenal makaroni dengan sebutan Macaronni Schotell. Campuran pasta, telur, keju dan susu yang kalau rutin makannya, bakal naik 3 kg dalam seminggu. Ini biasa disajikan Oma dan Mama. maklum kedua perempuan inspiratif di keluarga saya itu, hidup di zaman Kompeni.


Makaroni Brayy Cemilan khas Bandung

Makanya agak terpesona ketika kenal dengan Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung ini. Hadir dengan 3 varian rasa, yaitu Keju, Pedas-Bawang Jeruk dan Pedas Seblak. di jual dalam kemasan modern berisi 110 gr seharga Rp. 15.000/bungkus.  ketiga varian rasanya enak. Ringan dan bikin nagih. Karena seperti makan kuaci, bedanya nggak perlu dikupas. Makan banyak nggak terasa dan gak mengenyangkan.  Diolah dengan higienis dengan rempah pilihan. Kemasannya praktis, mudah di bawa kemana-mana. Rasanya, asli bikin ketagihan.

Tuesday, August 21, 2018

Asian Games 2018, Indonesia Bisa Indonesia hebat





ASIAN GAMES 2018, adalah pesta olahraga se Asia yang ke 18. Diikuti 45 negara, diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Disiapkan sekitar 3,5 tahun dan dibuka secara resmi 18 Agustus 2018. Sudah berlalu tiga hari, tapi lini masa Nyonya Bawel masih dipenuhi opini kebanggaan dan rasa kagum akan acara pembukaan/Opeing Ceremony. Dan hingga saat ini, Nyonya Bawel,  salah satu yang merasakan hal tersebut. Dada Nyonya Bawel masih membuncah penuh kehangatan dan kebanggaan. Nyonya Bawel yakin, Asian games 2018, Indonesia Bisa Indonesia hebat

Opening Ceremony, 
Dilakukan serentak di Jakarta dan Palembang. Bisa disaksikan langsung di lokasi acara, maupun lewat televisi. Nyonya Bawel memilih menyaksikan lewat Tv karena lebih puas dan bisa santai ngemil bersama anak-anak dan suami.


1. Kelas dunia.
dirancang dan dilakukan oleh anak bangsa. Nama Wisnutama, nama yang memang dikenal sebagai sosok kreatif membuktikan, bukan sekedar isapan jempol. Tapi pantas disejajarkan dengan pemain kreatif di tingkat internasional. Hal ini dibuktikan dengan pujian yang terus mengalir dari berbagai pemberitaan media asing. Bukan hanya ditingkat Asia tapi juga tingkat dunia. Bahkan tak sedikit yang berpendapat Indonesia layak menjadi penyelenggaran Olimpiade.

Sumber; https://www.youtube.com/watch?v=rrn61beEVQM


2. Presiden RI, Jokowi dan Moge
Kejutan yang luar biasa dan sangat kekinian. Bukan sekedar pamer narsis. tapi siapapun yang mengkonsep Jokowi dengan motor gede, sungguh paham benar kejutan yang disajikan. Karena tidak akan pernah ada yang menduga, Panitia mampu "mengarahkan" Orang no 1 di Republik ini untuk ambil bagian dipertunjukan Opening Ceremony acara Asian Games. Kok bisa sama sekali nggak bocor, artinya ketika "Film" tersebut di produksi, tidak ada satupun media yang mencium. Seluruh crew "merahasiakan" Bahkan kita tahu, tinggal foto dan upload di facebook, pekerjaan yang sangat mudah dan cepat.

Tapi kelihatannya crew, benar-benar menjaga hingga "kejutan" memang sangat mengejutkan. Terlepas dari pro dan kontra pemakaian peran pengganti, saat presiden Jokowi terbang dengan mogenya. Nyonya Bawel tidak peduli yang Nyonya Bawel tahu, Presiden Jokowi mau berpartisipasi saja, adalah bukti Presiden yang merakyat.





3. Kekayaan Nusantara
Panggung Pembukaan /Opening Ceremony Asian Games 2018, menyajikan kekayaan budaya Indonesia yang luar biasa, indah, keren dan banyak. Ini menjadi kesempatan Nyonya Bawel "berbicara" dengan kedua anak Nyonya Bawel tentang Rasa nasionalisme. Mengajak anak-anak Nyonya Bawel untuk mencintai budaya Indonesia. 



Venue dan Fasilitas Lomba




Mengutip ucapan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di salah satu Talkshow saat persiapan Asian Games yang diselenggarakan sebuah surat kabar di Jakarta, Beliau mengatakan" Asia Games 2018, bukan sekadar pesta olahraga tapi sebuah investasi. Karena semua venue dan fasilitas lomba yang dibangun, dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga lainnya. Pemerintah membangun dengan serius. Lihatlah venue-venue tersebut di bangun sekelas dunia. 



Bahkan pelaksanaan Asian Games ini erat kaitannya dengan dunia pariwisata dan perekonomian. Asian Games bakal mengundang wisatawan Mancanegar, akan ada banyak transaksi keuangan terkait hal tersebut. Namun jangan lupa, hal lain yang juga harus disiapkan atau dihimbau adalah penerimaan masyarakat.

Hal senada dikuatkan Ketua Inasgoc Erick Tohir. Panitia dan pemerintah serta dukungan semua pihak, telah bahu membahu mempersiapkan pelaksaan Asian Games 2018, namun dibalik semua itu perubahan prilaku masyarakatlah yang akan menentukan kesuksesannya. Penerimaan dan partispasi masyarakat dalam mendukung Asian Games, merupakan dukungan utama. Karena apa yang dibuat panitia dan pemerintah tidak berarti jika tidak ada dukungan dari masyarakat. 

Dukungan apa yang bisa diberikan masyarakat? Pertama, bangga dan yakin, Indonesia mampu. Sebarkan informaqsi baik terkait pelaksaaan Asian games 2018. Datang dan saksikan setiap pertandingan, baik datang dan menonton langsung atau lewat televisi, streaming online lewat handphone/komputer dll. Karena semua tidak akan berarti jika tidak ada masyarakat.


Nyonya Bawel setuju banget. Ini ajang olahraga 4 tahunan yang tidak akan pernah tahu, kapan Indonesia bisa menjadi tuan rumah kembali. Ini memang kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah, setelah Asian Games ke 4 tahun 1962. Maka pantas rasanya apa yang disampaikan Erick Tohir untuk kita laksanakan. Yuk, segera perhatikan jadwal dan pilih cabang olahraga favorite, datang, nonton dan dukung atletnya. Indonesia bisa, Indonesia hebat.

Sunday, August 19, 2018

Sharp Indonesia Luncurkan Penjernih Udara, Sekaligus Penangkal Nyamuk



Sharp Indonesia, perusahaan yang memproduksi peralatan rumah tangga dan elektronik, kembali luncukan penjernih udara./air purifier. Bukan cuma air yang perlu dijernihkan agar layak dikonsumsi. 

Tingginya tingkat polusi udara di kota-kota besar, membuat kian langka udara bersih dan sehat. Tingginya aktifitas masyarakat berada di jalanan, ditengah lalu lintas yang menciptakan polusi udara, membuat terhirup udara yang berpolusi. Penjernih udara produksi Sharp menjadi salah satu solusi.

Langkanya udara bersih dan sehat, membuat tingginya penderita penyakit Insfeksi Saluran Pernapasan.  Karena dampak polusi udara memang sangat banyak. Pun bagi mereka yang mengidap asma. Udara kotor dan bau kerap kita hirup tiap hari. masker/penutup hidung dan mulut tidak banyak membantu. Paru-paru kita terpapar banyak polutan. Mulai dari mineral debu, air, asam sulfat, nitrat, karbon hitam, timbal dan lain-lain.


Kondisi ini jelas menurunkan kadar kesehatan masyarakat. Jika dibiarkan terpapar lama, maka akan menjadi salah satu permasalahan besar. karena gangguan kesehatan akan menurunkan tingkat produkstifitas yang bersangkutan. Itu kalau kita bicara orang dewasa. bagaimana dengan anak-anak? yang daya tahan tubuhnya belum terbentuk dengan baik.

Bicara polusi udara karena bahan bakar, juga menyumbang polutan tinggi. Terkait dengan energi berkelanjutan, sudah saatnya kita mempertimbangkan beralih ke bahan bakar gas. Karena BBG memiliki hasil pembakaran yang lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan bensin. Hal ini disebabkan rantai karbon bahan bakar gas lebih pendek dibandingkan yang dihasilkan BBM dimana angka oktan yang lebih tinggi yaitu sekitar 120- 130, dan emisi CO2 yang yang lebih rendah jika dibandingkan dengan BBM



Gambar dua berita di atas, dipublikasikan Juli 2018. menginformasikan bagaimana buruknya tingkat pencemaran udara. Tak mungkin juga kita tidak beraktifitas di luar rumah. Anak-anak juga harus bersekolah dan melakukan aktifitas lain. 

Hadirkan penjernih udara bisa menjadi alternatif solusi memberikan udara bersih dan sehat di rumah, di tempat kerja juga di sekolah. Sejatinya teknologi hadir untuk mempermudah kehidupan manusia. Ketika udara bersih dan Sehat untuk paru-paru Kian sulit di dapat, penjernih udara mampu menghadirkan udara bersih dan sehat. BahayaPolusi telah mengancam kesehatan. Bahkan tanpa sadar, kita turut berkontribusi. Saatnya turut menjaga lingkungan. Salah satu caranya dengan menghentikan penggunaan alat-alat rumah tangga yang dapat merusak lapisan ozon.

Gaya Hidup Sehat bukan lagi sebuah trend. Tapi harus menjadi bagian dari Gaya Hidup itu sendiri. Alam dan lingkungan yang rusak karena ulah manusia, membuat manusia harus menanggung akibatnya. Salah satunya kelangkaan udara bersih yang Sehat. Mengapa Kita kerap cepat lelah walau di rumah saja? Itu disebabkan kekurangan oksigen. Karena itu penjernih udara menjadi solusi. 


Telah hadir produk terbaru SHARP Air Purifier with Humidifyingg series tipe KC-G50Y-W dan KC-G60Y-W di bandrol 5,4 jt type KC-G50Y-Y sedangkan type KC-C60Y-W seharga 6,8 juta. Teknologi Humidifying adalah teknologi yang mampu menyesuaikan dengan suhu tubuh manusia. Sedangkan teknologi #Plasmacluster Teknologi yang bisa menghasilkan ion + dan (-) utk menonaktifkan virus dan jamur serta mikroorganisme lain yang berterbangan diruangan rumah kita. 





Penjernih udara menjadi PENTING untuk dimiliki, mengingat makin sulit mendapatkan udara bersih yang sehat. Dan penjernih udara ini membantu banget buat pengidap Asma dan mereka yang rentan dengan penyakit pernapasan.

Penjernih Udara dari Sharp juga memiliki fitur  menangkap nyamuk. Dengan teknologi plasmacluster HD 7000 penjernih udara ini dilengkapi juga dengan UV Light dan Glue Sheet yang bisa menarik perhatian dan menangkap nyamuk. Sehingga bukan hanya menghasilkan udara bersih dan sehat tapi juga membebaskan ruangan dari nyamuk.



Banyak cara mencintai, salah satunya dengan menghadirkan pernjernih udara dari Sharp Indonesia di rumah. Jika yang besar dengan kemampuan besar, bisa mengkover ruangan 30 m persegi, anda bisa memilih yang lebih kecil karena penjernih udara yang kecil memang untuk menjawab kebutuhan. Bisa mengkover ruangan 21 m persegi. Cocok di letakan di ruang keluarga. Bisa juga di dalam kendaraan roda empat Tunggu apalagi, Ayo berikan yang terbaik bagi keluarga yang kita cintai.

Thursday, August 02, 2018

Siapkan Generasi Emas, Mari Bijak Gunakan SKM


Kontroversi mengenai SKM-Susu Kental Manis selalu memancing diskusi panjang. Apalagi dengan keluarnya Surat Edaran BPOM HK.06.5.51.511.05.18.2000 Tahun 2018 Tentang Label dan Iklan Pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3). SKM bukan susu. SKM tidak boleh dijadikan pengganti susu.

Iklan yang salah, membuat pemahaman masyarakat ikut salah. Kalau SKM bukan susu, lalu SKM itu apa? Bingung juga kalau ditanya seperti itu.  Yang pasti kandungan SKM, 50% nya adalah gula. Mungkin lebih pas kalaui SKM disebut -Sirup Kental Manis. Sebagian mengatakan Krimer Kental Manis jadi KKM dong, bukan SKM. Biarlah itu menjadi urusan yang mau membranding.
Tugas kita adalah mempersiakan Generasi Emas dan bijak menggunakan SKM.

Dalam rangka Hari Anak Nasional 2018, PP Muslimat NU dan YAICI (Yayasan Abhipraya Insan Cendikia Indonesia) menandatangani MOU kerjasama mengedukasi masyarakat dan mendukung peran pemerintah dalam hal kesehatan terkait peraturan SKM. Penandatanganan MOU kesepakatan dilakukan 30 Juli 2018 bertempat di kantor Kemendikbud, Jakarta.




 Usai penandatanganan MOU, dilanjutkan dengan diskusi  dalam rangka:

Memperingati Hari Anak nasional
Mewujudkan Indonesia Emas 2045
Bijak menggunakan SKM


Eni Gustina, MPH. Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI  mengatakan SKM itu mengandung gula lebih dari 50% makanya tidak baik dan tidak boelh diberikan pada anak bayi (anak di bawah usia 12 bulan)


Sebagai Ibu, jelas Nyonya Bawel peduli pada kondisi generasi bangsa di masa mendatang. Untuk menjawab tantangan kompetisi di masa depan, sebagai Ibu, Nyonya Bawel harus turut serta mempersiapkan anak-anak yang tangguh, cerdas dan sehat. Ucapan Ibu Eni Gustina, MPH mengingatkan Nyonya Bawel untuk memberikan makan dengan kandungan gizi yang benar sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak-anak.

Pemberian susu sebagai upaya memenuhi kebutuhan protein jelas diperbolehkan tapi susu yang memang mengandung susu yang benar. SKM, hanya mengandung sedikit susu. SKM lebih banyak mengandung gula. Maka anak-anak, yang belum berusia 12 bulan, tidak diperbolehkan mengkonsumsi SKM, apalagi mengganti susu formula/ASI dengan SKM. Karena, ya itu tadi. SKM bukan susu. Tingginya kandungan gula dalam SKM, jika diberikan dalam jangka panjang akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada anak-anak. Karena dapat menyebabkan Obesitas dan Diabetes.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi gula per hari untuk orang dewasa sekitar 50 gr dan untuk anak-anak  cuma disarankan 18 gr/Hari. Kebayangkan kalau anak-anak diberikan SKM sebagai pengganti susu? Padahal kandungan SKM itu, 50% nya gula. Nah tugas kita untuk tidak memberikan SKM ke anak-anak sebagai pengganti susu. Kalau kita sudah tahu, selanjutnya memberitahu masyarakat di sekitar kita yang belum tahu. Nyonya Bawel masih melihat ada orangtua yang memberikan SKM sebagai pengganti susu.

Sebetulnya inilah persoalan yang sesungguhnya. Memberi pengertian pada masyarakat luas untuk jangan lagi memberi anak-anak, apalagi di bawah 12 bulan, susu dari SKM. Sesungguhnya dikemasan SKM ada tertulis, bukan untuk anak di bawah 12 bulan tapi tulisannya kecil banget. Apakah SKM sesuatu yang dilarang? Jawabnya Tidak. SKM tidak berbahaya. Tapi tidak direkomendasikan buat balita. Karena tingginya kadar gula. 


Kita harus punya pemahaman yang sama,  SKM bukan pengganti susu. Makanya harus benar dan bijak dalam menggunakan SKM. SKM tidak boleh dikonsumsi secara tunggal, SKM hanya boleh digunakan sebagai toping/penambah rasa pada es buah, puding dan kue.



Hal ini yang diperlihatkan Ibu-Ibu Muslimat NU perwakilan dari 5 wilayah di DKI Jakarta. Mereka memperlihatkan penggunaan SKM secara benar dan bijak. SKM digunakan dalam berbagai olahan, minuman dan kue.


Nah yang tidak kurang penting adalah  peran media untuk mensosialisasikan info  penggunaan SKM yang benar dan bijak. Ini agar masyarakat, dapat info yang benar mengenai info kesehatan dan info peraturan pemerintah.  SKM Bukan sesuatu yang dilarang. SKM memiliki izin edar.  Media perlu terus menginformasikan SKM tidak boleh untuk Bayi di bawah usia 12 bulan. Pemahaman info yang benar dapat mencegah malnutrisi.

Sunday, June 10, 2018

Sun Life, Ajar Pengaturan Keuangan Lewat Film


Sun Life, menghadirkan web seri Film Komedi situasi #KeluargaSurya. Ini bukan sembarangan film Komedi situasi karena mengandung pesan yang penting banget. Film Keluarga yang membawa pesan pentingnya pengaturan keuangan. Sebuah keluarga muda dengan sepasang anak usia sekolah dasar. Kebetulan diluncurkan bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sehingga juga membawa pesan kebaikan dalam bulan Ramadan.  kalau saya nih, kalau dengar bulan Ramadan, identik dengan zakat. Ternyata berbagai dengan sesama bukan cuma zakat karena ada juga sedekah dan wakaf. Masing-masing punya tujuan sama yaitu berbagi kebaikan tapi cara dan aplikasinya berbeda-beda.

Seperti senyum, misalnya. Senyum itu bisa membahagiakan, senyum bisa menjadi sedekah. Uang? Apalagi uang. Uang bukan segalanya tapi segala-galanya memerlukan uang. Jadi sedekah uang, pasti boleh banget. sedekah ke siapa? ke yang memerlukannya. Kalau zakat ada dasar perhitungannya. yang memang harus dibayarkan disetiap akhir Ramadan.

Wakaf? Wakaf mirip dengan sedekah kapanpun bisa dilakukan dan kepada siapa saja. Bedanya  kalau sedekah demi dan untuk kebahagiaan atau kebaikan orang lain sesaat, maka Wakaf untuk kebaikan yang sifatnya lebih lama dan lebih panjang, bahkan bisa dibilang sebagai amalan yang nggak ada putusnya.

Saya jadi teringat, salah satu kakak saya seorang mualaf. Ia dan suaminya mewakafkan sebuah mobil untuk operasional sebuah Yayasan Sosial yang menaungi Pendidikan Anak Usia Dini. Waktu itu saya bertanya, kok nggak langsung balik nama, mengapa masih nama Abang (suami kakak saya)

Abang menjawab, itu yang namanya memanjangkan kebaikan. Karena masih atas nama Abang, maka bukan cuma bertanggung jawab atas mobil tersebut, Abang juga tetap menanggung pajak dan bensinnya.

Kata saya, enak betul dong yayasan itu?

Jawab Abang, Tujuan Abang mewakafkan memang untuk memudahkan operasional yayasan tersebut, memang untuk "Mengenakan" yayasan tersebut. Sehingga kinerja orang-orang di Yayasan bisa lebih baik. Abang berharap dengan mobil tersebut orang-orang di Yayasan bisa lebih banyak melakukan kebaikan. Sedangkan Abang dan keluarga, berbahagia masih diberi kesempatan berbuat baik bagi orang lain selama masih hidup.

Dalam web seri #KeluargaSurya, tema Zakat, Sedekah dan Wakaf dibawakan dengan santai dan terkesan jenaka. Bisa jadi pemilihan pemain yang cocok dan skenario yang baik, membuat pesan keuangan dalam komesi situasi ini enak ditonton, tidak menggurui.

Berbicara keluarga di awali dengan menikah. Menikah bukanlah solusi akhir dari sebuah hubungan. Justru dengan menikah awal permasalahan baru akan timbul. Selain belajar menerapkan komunikasi terbuka, permasalahan seputar keuangan akan menjadi dua masalah berat. Seingat saya, dulu ketika mempersiapkan pernikahan, Saya memang menabung dan menyusun perencanaan. Tapi saya tidak mengatur keuangan dengan baik dan benar. Bahkan tidak membuat perencanaan. Saya hanya memegang prinsip Pengeluaran tidak boleh melebihi pemasukan. Itu bukan hal sulit dengan dua sumber pemasukan dan belum memiliki anak, ya, keuangan kami aman-aman saja.

Tapi begitu lahir anak pertama, kehidupan kami seperti di putar 180 derajat. Tiba-tiba manusia kecil yang hadir di tengah kami, menyedot semua perhatian. Dan apapun yang kami lakukan semua mempertimbangkan manusia kecil ini. manuisa kecil tanpa daya yang semua bergantung kepada kami, selaku orangtuanya.

Disadari atau tidak, para istri atau ibu, sekolah atau tidak sekolah, dituntut menjadi pengatur keuangan keluarga. Sejumlah uang yang diberikan suami, berapapun besanyar harus cukup untuk memenuhi semua. Banyak hal, yang baru saya pahami sekarang. Orantua saya memiliki 11 anak, yang semua bersekolah hingga ke perguruan tinggi. Sejak kecil, kami tidak pernah dibekali uang jajan. Setelah sarapan, kami membawa bekal ke sekolah. Pulang sekolah makan siang, tidur siang. Pk.16.00 sore, bangun mandi dan mama sudah menyiap teh manis dan kue-kue.

Baru sekarang saya sadar, semua itu bagian dari pengaturan keuangan. Mama memasak, makan sehat kami terpenuhi termasuk bekal dan kue-kue. Menyiapkan sarapan, bekal dan kue-kue di rumah pasti lebih hemat, lebih bersih dan lebih sehat. Dengan keluarga sehat, meminimalkan pengeluaran untuk biaya ke dokter dan berobat.


Kehidupan saya dan keluarga kecil saya, jelas berbeda dengan kehidupan saya bersama kedua orangtua dan saudara-saudara saya. Saya dan pasangan hanya mempunyai sepasang anak. Kami hidup di zaman yang berbeda juga. Saya dan suami, sama-sama bekerja mencari nafkah. Sejak sebelum dan sesudah menikah kami memiliki kesepakatan dalam banyak hal. Kesejajaran posisi, salah satunya. Pasangan saya turut mengurus anak dan rumah. Terlibat langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Pengaturan keuangan baru kami mulai ketika kelahiran anak kedua. Betapa besar pertambahan biaya pengeluaran sejak lahirnya anak kedua. Tiba-tiba seperti terbangun dari mimpi ketika tersadar bahwa kami memiliki kewajiban atas dua anak secara menyeluruh. Maka berkenalan kami dengan yang namanya asuransi. Bagi sebagian orang asuransi dianggap sebagai pemborosan padahal asuransi adalah investasi.

Proteksi perlindungan bagi pencari nafkah, karena sakit dan kematian tidak pernah mengenal waktu dan usia. Tabungan saja tak cukup. Sedikit biaya untuk premi asuransi pendidikan dan kesehatan, adalah jaminan ketenangangan keuangan. Karena kami tahu kami sudah menyiapkan yang terbaik buat anak-anak kami.

Tertib pengaturan keuangan, perlu dilakukan sejak dini. Karena banyak masalah rumah tangga, berawal dari tidak tertib keuangan. Besar pengeluaran daripada pendapatan karena gaya hidup.  Mengatur keuangan bukan menghilangkan kegembiraan. Karena belanja dan liburan tetap bisa dilakukan sesuai prosi, sesuai kebutuhan. Berlibur bisa dianggarkan. Justru dengan mengatur keuangan, kita bisa mendata semua kebutuhan dan keinginan disesuaikan dengan dana yang dimiliki. 



Saya semakin percaya tertib keuangan menjamin ketenangan hidup sekarang dan di masa mendatang.

Cek deh web serienya di sini