Sunday, June 21, 2015

Aplikasi Mobile KlikDokter.com, Sehat Lebih Dekat


Meningkatnya kemajuan teknologi komunikasi memberi  banyak manfaat. Salah satunya, penggunaan aplikasi layanan Kesehatan masyarakat pada smartphone. Saya menjadi salah satu blogger yang beruntung diundang menghadiri peluncuran aplikasi mobile KlikDokter.com, 8 Juni 2015.

 Kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Kemajuan sebuah negara, salah satunya dapat diukur dari kesehatan masyarakatnya. Indonesia negara dengan jumlah penduduk  yang banyak dan tersebar di berbagai kepulauan, mempunyai banyak kendala dalam melayani kebutuhan masyarakat, termasuk memberi pelayanan kesehatan.

Asisten Utusan Khusus Presiden Indonesia  untuk tujuan pembangunan milenium (MDG), Diah Saminarsih, mengatakan: Tiga target tujuan pembangunan millennium yaitu menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan penyebaran virus HIV/AIDS serta  mengakses air bersih dan sanitasi dasar, pada tahun 2015  sangat sulit dicapai.

Hal itu disebabkan  banyak faktor.  Diantaranya pembangunan yang belum merata sehingga infrastruktur maupun layanan kesehatan antara satu provinsi dengan provinsi lainnya berbeda. Satu daerah  ada yang hanya memiliki satu puskesmas. Itupun araknya sangat jauh serta dengan kondisi jalan yang tidak baik. Pendidikan masyarakat untuk bisa hidup sehat juga masih sangat kurang. Masih kurangnya tenaga kesehatan di daerah terutama daerah terpencil di Indonesia,  juga merupakan salah satu penyebab  tingginya angka kematian ibu melahirkan. Sumber:

Salah satu yang dapat mengatasi kendala tersebut adalah teknologi komunikasi. Penggunaan smartphone dan jaringan internet, memungkinkan layanan kesehatan diakses masyarakat di manapun mereka berada. Kendala tempat dan tenaga kesehatan dapat diatasi.



Kini masyarakat bisa mengakses berbagai informasi kesehatan darimana saja lewat gadget mereka. Tingginya pengguna smartphone dan penetrasi internet menjadi alasan kuat KlikDokter.com meluncurkan aplikasi mobile. Berdasarkan informasi Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII) Trend pengguna internet dan media sosial  terus meningkat sejalan dengan meningkatnya penggunaan smartphone.




 KlikDokter.com di bawah naungan PT Karsa Lintas Buwana, adalah  portal yang mempromosikan Kesehatan, Informasi & Edukasi (KIE) kesehatan berbasis Bahasa Indonesia yang ditujukan bagi komunitas medis maupun masyarakat Indonesia pada umumnya. Berdiri sejak tahun 2008 telah bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FKUI) dan Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (ILUNI FKGUI.

KlikDokter.com  bertujuan memberikan kontribusi positif bagi bidang kesehatan Indonesia. KlikDokter.com juga bermitra dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) sebagai badan negara yang mengatur registrasi dokter dan dokter gigi, dalam rangka menjadikan situs web ini sebagai fasilitas pencarian dokter dan dokter gigi dari seluruh Indonesia.
Meningkatnya penyakit degeneratif, meningkatnya jenis-jenis penyakit baru dan  rendahnya kepedulian masyarakat terhadap pencegahan penyakit menjadi latar belakang berdirinya portal KlikDokter.com.


Tentu saja hal ini menguntungkan masyarakat. Ketidak pedulian pada informasi di masyarakat telah diminimalkan dengan adanya media sosial. Masyarakat sangat mudah mengakses informasi, minimal dari orang terdekat (Keluarga dan kawan). Hadirnya portal KlikDokter, menjadi alternatif informasi berkwalitas yang  direkomendasikan.  Aplikasi mobile KlikDokter.com dapat diunduh untuk android an IOS. Mudah digunakan dan dapat diakses darimana saja.


Berbagai fitur pada aplikasi mobile, sangat mudah diakses dan informatif. Sebagai masyarakat, saya sangat terbantu. Pada situasi dan kondisi tertentu, saya tidak perlu panik karena ada informasi yang bisa saya dapatkan di KlikDokter.com, hanya dengan membuka smartphone.
Perkembangan teknologi jika digunakan dengan benar memang akan memberi banyak manfaat. Saya percaya, di tahun-tahun yang akan datang, masyarakat Indonesia kian cerdas dan dapat mengoptimalkan penggunaan smartphone untuk hal-hal yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupannya.


Lewat aplikasi KlikDokter.com, masyarakat akan mudah mencari informasi termasuk berkonsultasi pada ahlinya. Sehingga meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan, otomatis akan meningkatkan kwalitas hidup. 

9 comments:

Ade Anita said...

Aku sering liat web ini.

suzie icus said...

wah biasa liat web nya aja skg ada aplikasi mobile nya ya..
keren .. semoga semakin banyak mejangkau masyarakat..

Prima Hapsari said...

Konsultasi ma ahlinya tinggal klik aja ya mbak, memudahkan masyarakat ya, ga perlu dikit2 ke dokter. Thanks 4 sharing ya.

PutriKPM said...

Aku masih agak bingung sih, banyak web2 yang tentang kesehatan gini tapi agak ribet pas realisasinya. Ada satu web yang selalu kirim email ke aku, padahal aku gak pernah submit untuk langganan pas mau unsubscribe gabisa - bisa. Pengen coba Klikdokter cuma takut kayak web yang aku sebut itu. Agak spamming di email -___________-

noe said...

Aku mau sunscribe aah, makasih infonya mamii

as said...

klik saja yaaa, semakin banyak web kesehatan.

Mutia Nurul Rahmah said...

asyik yaa.. makin byk aplikasi bantuan..


btw follbek ya maak.. http://mutheas.blogpsot.com

kartina ika sari said...

udah coba donlod pake smartphone mba icha ? lancar ga ?

graciemelia said...

Kebetulan aku cukup sering mengakses ini, salut banget, sangat membantu