Tuesday, June 23, 2015

Serunya Fun Blogging 5 di Gedung Communicasting Academy




Belajar bukan cuma milik kaum muda. Walau usia saya sudah mau setengah abad, saya tetap senang menimba ilmu. Dari Fun Blogging pertama diadakan, saya sudah berminat ikut. Tapi apa mau dibilang, baru berjodoh di Fun Blogging sesi 5. Ini catatan saya dari keseruan  Fun Blogging 5 di Gedung  Communicasting Academy.

Minggu 14 Juni 2015, bertempat di lantai 3 gedung Communicasting Academy, saya menimba ilmu dari tiga perempuan hebat. Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Nggak cukup satu buku menceritakan siapa mereka dan apa yang sudah mereka lakukan.

Haya Aliya Zaky (Berdiri) Shinta Ries (duduk)
Dok: Elisa Koraag

Haya yang dikenal sebagai editor dan kerap menjuarai berbagai Blog Competition, berbagi ilmu mengenai  Writing Great Content. Bagaimana membuat isi blog yang baik dan berbeda. Baik dari sisi penulisan dan berbeda dari sudut pandang. Jika kita diharuskan menuliskan dengan tema dan sumber informasi yang sama, pastinya banyak kesamaan. Tapi tiap penulis perlu memiliki karakter. Tidak cukup hanya menulis dengan hati. Karakter atau warna penulisnyalah yang akan membedakan tulisan tersebut.

Ada banyak etika yang harus dipahami dalam menulis. Janganlah mengutip tanpa menyertakan sumbernya. Hargai orang lain, karena menulis adalah karya intelektual. Dan kita wajib menghormati sesama penulis dan. Dan yang penting buat saya, melakukan self editing. (Catat, Cha!)

Shinta Ries, yang memang ahli dibidang utak-atik blog, memberikan ilmu seputar Advancing Your Blog Platform. Banyak info menarik yang saya dapati. Termasuk bagaimana membuat blog bukan hanya enak di baca isinya tapi juga menarik tampilannya. Bentuk fontasi, besar fontasi, warna fontasi bahkan latar warna blog berperan besar dalam menjaga pembaca bertahan di blog tersebut.

Dalam hati saya tertawa, saya teringat pada blog saya yang saya wanai sesuai selera saya. Merah, hitam dan putih adalah tiga warna kesukaan saya. Warna-warna itu saya aplikasikan di blog. Termasuk bunga mawar merah. Ternya menurut Haya, blog saya sempat jadi perbincangan diantara mereka. Untung saya segera sadar diri dan cepat memperbaiki. Awalnya ada perasaan berat. Karena saya berpikir blog saya kan milik saya. Tapi saya sadar, saya ingin orang membaca isi blog saya. Dan untuk itu saya harus rela mengubah tampilan agar pembaca blog saya mau tetap membaca.

Ani Berta dan Melisa Cipaw dari Communicasting Academy
Dok: Elisa Koraag

Ani Berta, blogger hebat yang tahan banting. Sejak tahun 2014 memutuskan berhenti sebagai karyawan dan mempercayai 100% penghasilan untuk hidupnya dari profesi sebagai blogger.  How Monetyze your blog Through Branding. Penting nggak membranding diri? Penting banget dong. Ani Berta berbagi pengalamannya, bagaimana bersikap konsisten sebagai blogger, yaitu menulis dan membangun jaringan. Dibayar atau tidak dibayar, bukan hal yang utama. Karena pada akhirnya kwalitas tulisannya membuktikan, iya layak mendapat harga yang tidak pernah dipasang pada Rate Card.


Sebelum pemaparan Shinta Ries, diselingi pemaparan mengenai Kredit Gogo, yaitu sebuah lembaga yang memberikan layanan solusi financial. Jika konsumen kesulitan keuangan, Kredit Gogo dapat membantu. Mulai dari aplikasi kartu kredit, asurani jiwa, asuransi dan kredit kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan sampai kredit KPR dan deposito, nggak perlu ke bank. Hubungi Kredit Gogo, mereka yang akan mengunjungi anda. Silakan masuk masuk di sini:  

Perwakilan dari Kredit Gogo. Dok; Elisa Koraag

Berikutnya Tokopedia, sebuah portal atau website bisnis jual beli, yang berfungsi sebagai agregator dari banyak toko online yang ada. Menjelaskan apa dan bagaimana cara kerja Tokpedia. Selain itu, Tokopedia juga mengajak blogger bekerja sama sebagai konten writer. Syaratnya gampang banget, mendaftarkan identitas diri dan blog. Jika sudah dihubungi silahkan menulis di blog masing-masing. Tokopedia memberikan kesempatan hingga 10 postingan dalam sebulan. Dengan fee antara Rp. 100.000 – Rp. 500.000. Tapi tidak boleh dalam sebulan cuma postingan Tokopedia saja. Artinya blogger dituntut untuk selalu update.

Perwakilan dari Tokopedia. Dok: Elisa Koraag

Saya senang mengikuti Fun Blogging sesi 5 karena mendapat banyak kenalan baru dan banyak informasi menarik. Jujur, mengapa saya  ikut Fun Blogging selain karena saya ingin mengenal dan menimba ilmu dari ketiga perempuan hebat ini. Ketiganya  kini banyak disapa dengan sebutan Cik Gu. Saya kira panggilan/gelar yang pantas. Saya juga senang bertemu banyak kenalan baru.

Senang banyak kenalan baru
Dok: Ani Berta





Sumber: 
 Oh ya  Fun Blogging sesi  5 ini menggunakan Gedung Communicasting Academy. Communicasting Academy di bawah bendera  PT. Media Dreyasa Komunitama (MEDKOM), memfasilitasi pendidikan dan pelatihan untuk menjadi profesional di bidang komunikasi dan penyiaran yang memiliki kompetensi profesi sebagai seorang TV Presenter, Radio Announcer,TV Reporter,Interviewer,Master of Ceremony dan Public Speaker.


Sumber: 
Selain memfasilitasi individu. Communicasting Academy juga melayani pelatihan bagi perusahaan. Jadi perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan kemampuan karyawannya dalam bidang komunikasi bisa memanfaatkan penawaran dari Communicasting Academy.

Sumber:
Sederet profesional dibidang masing-masing yang menjadi fasilitator, sebut saja Ade Mulya, Donny de Kaizer, Usi Karundeng, Wahyu Muradi dan banyak lagi. Jadi kwalitas alumni Communicasting Academy tidak perlu diragukan karena ditangani ahli yang berpengalaman.

Sumber:


Fasilitas studio radio, studio tv membuat semangat siapapun yang belajar di Communicasting Academi. Saya yang dulu bekerja sebagai penyiar radio, memasuki studio siaran radio, serasa kembali ke beberapa masa yang lalu. Ada perasaan senang dan nostalgia. Menjadi penyiar radio itu asyik loh. Sama asyik dengan menjadi penyiar tv, tapi masing-masing memiliki sensasi yang berbeda.

Studio Radio Communicasting Academy
Dok: Elisa Koraag

Eh sebelum menjadi penyiar radio atau penyiar tv, ada baiknya belajar Public Speaking. Kemampuan berbicara seseorang sangat diperlukan. Communicasting Academy juga memberikan pelatihan Public Speaking. Ini ilmu penting banget. Bukan cuma buat mereka yang pekerjaan menuntut berkomunikasi  handal, tapi diperlukan semua orang.  Karena komunikasi dan bahasa adalah dua senjata utama dalam pergaulan.


Communicasting Academy juga memiliki ruangan cantik
yang asyik sekali buat spot foto.
Dok: Elisa Koraag

Untuk mengetahu lebih banyak tentang Communicasting  Academy silakan cek website berikut: http://communicastingacademy.com. Berbagai informasi bisa anda dapatkan. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi no: 7267476 atau datang langsung ke lokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda No 8 C, Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

22 comments:

Murtiyarini, Arin said...

Kirain udah ikut sesi2 sebelumnya. Saya batal ikut di sesi ini, hiks..

Lastboy said...

Saya suka kalimat ini "Dibayar atau tidak dibayar, bukan hal yang utama. Karena pada akhirnya kwalitas tulisannya membuktikan, iya layak mendapat harga yang tidak pernah dipasang pada Rate Card." :)

Timur Matahari said...

Asyiknya bisa ikutan acara seperti. Selain bisa dapat ilmu banyak, jaringan dan teman pun bertambah.

Sepertinya saya harus belajar banyak lagi mengenai dunia blog.
Salam dari blogger pemula

Rahmi Aziza said...

Oh jadi dalam sebulan ngga boleh postingan Tokopedia tok ya mami Icha? Baru tahu tentang ini

liannyhendrawati said...

Seru ya acara Fun Blogging, banyak ilmu yang didapat dari nara sumber yang keren-keren. Sayang acaranya di Jakarta :)

noe said...

Aakuu blm pas aja mau ikut fun blogging, hiks.. Moga next. Makasih ulasannya mak icha

Idah Ceris said...

Baru tahu kalau Mami pernah jadi penyiar radio. Kereen!

Anita Handayani said...

Kalau ada acara Fun Blogging lagi, kasih tau saya ya Mak Icha... Saya mau ikutan dong

graciemelia said...

Wah seru banget acaranya. Terutama yg ttg berbagi tips bloggingnya itu lho. Kapan2 kalo ada lagi, ajak2 ya Mami :D

Uswah said...

waaah mau dong ikut tokopedianya.. hahahaaa *matadolar*.. tapi kaya e tulisanku ga bagus2 amat mak.. ngeblog cuma bikin iseng2.. seneng ya mak kalo ada acara beginian.. dan meskipun dikau setengah abad masih aktif aja.. semangat selalu ya mak.. semoga aku bisa mengikuti jejakmu konsisten nulis.. heheh..

makasih follownya n udah di folbek ya maak..

Elisa Koraag said...

Wah sayang banget nggak ikut FB 5. Tapi bakal ada terus kok

Elisa Koraag said...
This comment has been removed by the author.
Elisa Koraag said...

Dari Ani Berta saya belajar, kwalitas yang utama maka value money mengikuti

Elisa Koraag said...

Asli asyik dan seru. Ikutlah FB disesi berikutnya

Elisa Koraag said...

Iya Mak Irit. Isi blog perlu update nggak cuma tokopedia

Elisa Koraag said...

Lianny kudengar dari Shinta FB akan roadshow. Siapa tahu di kotamu

noniq said...

Keren banget! Semoga nanti kalo diadakan di Bandung bisa ikut :)

Sudah follow ya via Google plus ^^

Elisa Koraag said...

Idah, jadi ketauan deh. Itu sudah lama banget.

Elisa Koraag said...

Dear Mba Anita, emang asyik bisa belajar lagi. Dengar-dengar FB bakal roadshow, siapa tahu singgah di Bogor juga

Elisa Koraag said...

Grace, kamu sudah di Jakarta. Akan banyak kesempatan belajar.

Elisa Koraag said...

Uswah, semua juga mau loh dapat jobnya. Nggak ada tulisan yang jelek. Semua bisa dibuat menjadi menarik.

Riana Wulandari said...

asyik ya mak, ikut fun bloggging. kita termasuk yg telat ya. gppa telat, kan jadi barengan :D
moga sukses buat lombanya yaa ^_^