Sunday, April 03, 2016

Liburan Murmer ala Nyonya Bawel

Nyonya Bawel dan keluarga sangat senang setiap ada hari libur. Mau itu tanggalan merah maupun akhir minggu. Karena Liburan berarti nggak perlu bangun pk.04.30. Nggak perlu setrika seragam anak sekolah, nggak menyiapkan bekal dan sarapan, di saat langit masih gelap. Itu artinya santai.



Lalu diisi dengan kegiatan apa kalau libur? Seperti di catatan Nyonya Bawel yang lain, keluarga besar Nyonya Bawel paling senang piknik. Piknik di maknai jalan-jalan dan makan di luar. Mulai dari jalan-jalan cuma ke minimarket I atau A, beli cemilan keripik, kacang dan minuman bersoda sampai ke tempat wisata. 

Kalau tema one day one post, liburan murah meriah, banyak banget. Liburan, kami berempat (Keluarga inti Nyonya Bawel) yang murah meriah diantaranya, bersih-bersih rumah dan masak berempat. Sebelumnya Nyonya Bawel akan menanyakan, ingin makan apa? Setelah disepakati makan apa, maka Nyonya Bawel mulai membagi tugas. Karena ini hari libur, semua anggota keluarga harus bahu membahu.

Karena Nyonya Bawel pemegang kendali urusan dapur dan kompor, maka Van dan Bas kebagian mengupas bawang, cuci piring, nyapu dan ngepel. Papanya, membereskan kamar (termasuk ganti seprai). Setelah rumah bersih, Nyonya Bawel senang bermain aduk-aduk kolak di panci, oseng-oseng sayur di wajan dan bakar-bakaran ikan atau ayam. Nggak sampai dua jam, makan enak-menurut keluarga Nyonya Bawel segera bisa dinikmati. 


Sesudah makan, biasanya kita berempat naik tempat tidur dan nonton tv kabel. Kalau bosen nonton tv kabel, bisa nonton film  di DVD. Mau film lama atau baru, asyik-asyik saja. Kebetulan kedua anak Nyonya Bawel dan Papanya, kalau suka sama sebuah film, bisa ditonton berulang-ulang. Kegiatan sederhana semacam ini, sudah lama kami lakukan. Nggak terasa tahu-tahu waktu sudah senja, jelang makan malam, Nyonya Bawel masuk dapur lagi. Karena dilakukan dengan rasa cinta, semua terasa menyenangkan. Karena intinya bukan apa yang kita lakukan saat berlibur tapi dengan siapa kita mengisi liburan.

Bersama orang-orang terkasih, liburan di rumah sudah terasa sebagai sebuah kemewahan. karena kalau nggak libur, kami hanya bisa kumpul berempat jelang malam. Terkadang nggak bisa karena saat Papanya anak-anak pulang, salah satu dari anak kadang sudah tertidur. Itu artinya anak dan Papanya cuma bertemu kurang dari dua jam, di pagi hari jelang ke sekolah dan ke kantor.

Maka saat liburan dan bisa menikmati berempat di rumah saja, menjadi sebuah kemewahan yang membahagiakan. Bahkan walau makan siang hanya dengan sayur lodeh, ikan asin, tahu tempe dan balado telor. Lebih kurang gitu deh liburan murah meriah ala Nyonya Bawel.

3 comments:

Lathifah Edib said...

"Liburan itu mau yang enak2." :D Liburan murmer itu banyak pilihan, ya.

Ima Rochmawati said...

Itu nonton bareng di atas kasur, kebayang perut dalam keadaan kenyang. Trus nonton rame, pasti banyak yang komen ini itu, trus ada yg ketiduran, trus nonton lagi. Aaah... Seru bangeeet

Muna Sungkar said...

bahagia itu sederhana ya mak, sesederhana nasi anget, lodeh, dan ikan asin. tambahin sambel terasi manteb deh ;)