Friday, July 08, 2016

Yonna Kairupan, Perempuan Hebat dan Pemberani.

Nyonya Bawel mengenal Yonna Kairupan, sekitar tahun 2012. Nyonya Bawel nggak tahu yang bersangkutan ingat Nyonya Bawel atau tidak. Di acara peluncuran bukunya Muthia Rizki di Fx Senayan. Penampilan Yonna seperti pernampilannya sekarang, berjilbab. Saat itu ia datang dengan suaminya dan pas games, Nyonya Bawel berpasangan dengan suaminya.

Ingatan Nyonya Bawel masih kuat dan jelas, seolah baru terjadi kemarin karena sosok Yonna, tidak mudah dilupakan. Cantik, menarik  dengan suaranya yang keras dan berkarakter. Jadi nggak heran kalau Yonna mampu menyanyikan lagu dengan irama rock. Dan Nyonya Bawel berkesempatan mendengarkannya bernyanyi. Performa dengan jilbab tapi saat ia bernyanyi  rock, jilbab tak menghalanginya berekspresi.


 Nyonya Bawel hanya memperhatikannya dari jauh. Selanjutnya Nyonya Bawel hanya bertukar kabar di facebook. Sesekali memberi like dan komen di status masing-masing. Buat Nyonya Bawel, Yonna seorang perempuan hebat yang mewakili profil perempuan modern yang penuh tanggung jawab. 

Ibu dari 4 anak, pasti menyita banyak waktu. Membaca catatan-catatan di blog atau status fbnya Yonna, seorang Ibu yang mengutamakan kebahagiaan anak-anaknya. Ia memiliki panggilan sayang buat masing-masing anak-anaknya.

Nyonya Bawel adalah ibu dari dua anak yang keduanya berjarak tiga tahun. Saat Nyonya Bawel sebagai Ibu bekerja, Nyonya Bawel merasa kekurangan energy. Nyonya Bawel merasa 24 jam dalam satu hari tidak cukup. Sungguh tidak terbayang energy yang dimiliki Yonna, sebagai istri, ibu dari 4 anak dan profesinya sebagai make up karakter. Ya, Yonna adalah salah satu the best make up karakter untuk Zombie. Jika anda main-main ke Mall of Indonesia, di sana anda akan menemui karya Yonna Kairupan. Karya lainnya banyak di youtube. Terutama tutorial make up. Wajah cantiknya memang mendukung profesinya sebagai make up artis.



Satu hal yang Nyonya Bawel perhatikan, Yonna sangat menikmati kehidupannya.  Ini yang penting. Menjadi diri sendiri dan bahagia menjalaninya. Mungkin karena perjalanan panjang sudah memberinya banyak pengalaman yang tidak dimiliki orang lain. Yonna, adalah salah satu jebolan sekolah menengah atas di kawasan Bulungan. Sekolah yang terkenal menghasilkan para artis menyanyi maupun artis sinteron/film. Bahkan uang jajan yang didapatnya pertama dari menari dan bernyanyi saat masih SMA.

Ketika Nyonya Bawel bisa menghasilkan uang dari keringat sendiri, rasanya luar biasa. Jangankan jajan, dengan uang sendiri juga bisa belanja tas, baju dan make up sendiri. Bedanya Yonna, sudah bisa menghasilkan sejak SMA, Nyonya Bawel saat kuliah. Saat tulisan-tulisan Nyonya Bawel berupa cerpen dimuat media cetak.  Lalu mulai menjadi reporter lepas beberapa tabloid. Tapi Nyonya Bawel tidak seberani Yonna yang memutuskan  menikah diusia muda. Di usia 23 tahun, Yonna memutuskan menikah. Saat usia 23 tahun Nyonya Bawel mah masih menikmati main-main.

Nyonya Bawel selalu kagum, pada perempuan-perempuan yang berani dan mempunyai kemauan kuat. Yonna Kairupan, salah satunya. Bagaimana sejak usia muda, ia tahu apa yang ia inginkan. Ia berani mengambil keputusan yang sedikit banyak sebagai bentuk “melawan” orangtuanya. Cuma kalau dipikir-pikir, emang nggak selalu orantua tahu apa yang terbaik buat kita. Tapi Nyonya Bawel nggak seberani Yonna. Mengenal Yonna Kairupan, adalah sebuah kebanggan. Senang bisa mengenal kamu, Yonna. Membaca kisah hidupmu, serasa membaca tokoh hero. Berharap banyak perempuan bisa seperti kamu dalam mengambil keputusan dan bersikap. You are awesome!

Note: semua foto dokumentasi Yonna kairupan.

Mau mengenal lebih dekat, silakan kepo akun media sosialnya:

Blog: www.thekairupan.com dan www.yonnaandmakeup.com
Facebook: Yonna Kairupan
Twitter: @YonnaKairupan
Instagram: @yonnakairupan
Youtube: yokairupan



1 comment:

Yonna said...
This comment has been removed by a blog administrator.