Wednesday, April 04, 2018

Matras SERTA Antar Tidur Berkualitas









Matras SERTA, brand ternama no 1 di Amerika, mengantar tidur berkualitas. Banyak alas tidur tapi tak semua mampu memberi kenyamanan untuk tidur. Padahal tidur nyaman atau tidur berkualitas sangat erat pengaruhnya dengan kehidupan manusia. Pada anak-anak dengan kualitas tidur baik, memberi kesempatan otak tumbuh dengan optimal. Pada orang dewasa, tidur berkualitas membuat seseorang menjadi individu yang mampu beraktifitas dengan baik pula. Itu sebabnya penting memilih alas tidur yang mampu mengantarkan seseorang tidur dengan baik.


Alas tidur yang baik adalah alas tidur yang dapat menyangga tubuh manusia sedemikian rupa sehingga struktur tulang tidak terganggu. Pada banyak alas tidur, saat kita terbaring di atas, tubuh kita menekan dan mengikuti bentuk alas tidur. Sesekali mungkin tidak apa-apa. Pada jangka panjang, alas tidur yang demikia akan mengubah struktur tulang dan pada akhirnya menggangu si empunya tubuh. Karena perubahan sturktu tulang bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya syaraf terjepit.




Dari begitu banyak material alas tidur, latex adalah material terbaik. Karena bahan latex untuk alas tidur mampu menyangga tubuh dengan baik.  Menurut Wikipedia: Kasur jenis  latex  memiliki kelebihan sebagai antibakteri, antikutu dan antipolusi. Selain itu memiliki ciri khas yaitu memiliki warna kuning keemasan.  Itu dikarenakan aplikasi dari proses pemurnian lateks yang berwarna kuning . Matras latex umumnya memiliki lubang-lubang besar, berfungsi memperlancar dan menjamin kesempurnaan elastisitas kasur. Selain itu lubang-lubang besar juga membuat sirkulasi udara lebih baik. Membuat kasur jenis ini mampu menyesuaikan dengan suhu ruangan

Tak dipungkiri, persoalan hidup memberi tekanan/stress sehingga seseorang bisa mengalami kesulitan tidur atau yang biasa di sebut insomnia. Dalam jangka panjang insomnia mampu mengganggu kesehatan yang pada akhirnya menurunkan kualitas hidup seseorang. Dari awal tidur ada beberapa tingkatan, mulai dari tutup mata hingga tingkat kenyenyakan tertentu. Ritual tidur akan membentuk siklus. Umumnya di mulai saat tubuh mulai berbaring. Pada kondisi lelah, bisa saja begitu berbaring, tutup mata langsung lelap. Tapi tak semua tubuh mnausia seperti itu.

Siklus tidur ada dua: Non-Rapid Eye Moevement (NREM) dan Rapid Eye Movement (REM).

Non-Rapid Eye Moevement (NREM) terbagi dalam 4 tahapan.

Tahap pertama, disebut N1, tahap awal. 5 menit pertama, Umumnya akan di mulai dengan relaksasi. Tubuh terbaring, menyesuaikan dengan alas tidur. Perlahan-lahan kita akan melepaskan dan membiarkan tubuh tenang. Di lanjutkan dengan tahap ke dua , N2. di 10-30 menit berikutnya. Pada tahap ini otot tubuh menjadi sangat rileks, aktifitas otak lebih lambat, gerakan mata berhenti, detak jantung melambat dan temperatur tubuh menurun.

Selanjutnya tahap N3 dan N4, tahap  paling dalam dari tidur NREM.  Lewat 30 menit, kondisi ini seseorang akan Sangat sulit untuk terbangun. Jika terbangun umumnya, akan mengalami disorientasi dan membutuhkan penyesuaian selama beberapa menit. Pada bagian terdalam dari tahap ini, aktifitas otak sangat lambat, dan aliran darah lebih banyak diarahkan ke otot, mengisi energi fisik tubuh. Selama tahap tidur lelap (deep sleep) pada fase NREM, tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta memperkuat sistem imun tubuh.

REM

Tahap  REM biasanya terjadi 70 – 90 menit setelah kita tertidur. Fase tidur ini lebih dalam dari NREM. Selama fase REM ini, biasanya mata bergerak-gerak/berkedut (itulah mengapa fase ini disebut rapid eye movement) dan napas menjadi lebih tidak teratur, aktifitas otak dan ritme detak jantung juga meningkat. Umumnya mimpi terjadi saat fase tidur REM. Namun otak ‘melumpuhkan’ otot-otot tubuh, khususnya tangan dan kaki, sehingga kita tidak ikut bergerak saat bermimpi.

Penting bagi tiap individu mendapatkan tidur yang berkualitas karena sangat besar pengaruhnya pada aktifitas keseharian. Gangguan tidur jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kualitas hidup. Karena mengganggu produktifitas. Karena itu jangan salah dalam memilih alas tidur. Matras SERTA sebagai brand ternama no 1 di Amerika, di Negara yang memiliki tingkat kompetitif paling tinggi di dunia menjadi brand yang sangat direkomendasikan karena sudah terbukti memberikan kualitas tidur terbaik.

Dalam gathering Blogger yang mengangkat tema:
The Essentials of Healthy Lifestyle 
di Plaza Indonesia menghadirkan tiga pembiacara:

 Group Brand Manager Pt. Duta Abadi Primantara (DAP): Mukti Argo,
 Nutritionist: Alvin hartanto,
Yoga Expert dan Hypnotherapist: Diana Elsa.

Ternyata tidur erat kaitannya dengan makanan dan aktifitas sebelum tidur.  Percaya nggak? Makan kekenyangan menyebabkan seseorang sulit tidur tapi ada situasi di mana sehabis makan membuat seseorang jadi mengantuki. Terutama di waktu dan tempat yang salah. Seperti sesudah makan siang di tempat kerja. Entah mengapa rasa mengantuk itu begitu kuat menyerang, sehingga terkadang mampu membuat mata berat untuk tertap terbuka.


Ahli Gizi, Alvin Hartanto yang juga penulis buku diet menjelaskan bahwa tidur, makanan dan olahraga penting untuk menjaga pola hidup sehat . Orang yang cukup tidur dengan orang yang kurang tidur sangat kentara dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Pastinya orang yang kurang tidur tidak bisa memaksimlkan produktifitas.

Umumnhya rasa ngantuk yang menyerang sesudah makan siang di tempat kerja karena kekurangan oksigen.  Pilihan makanan berat membutuhkan banyak energy untuk mengolah makanan yang sudah dikonsumsi. Oksigen yang diperlukan untuk menggerakan energy dalam tubuh sebagian terambil dari oksigen yang seharusnya mengalir ke otak. Itu sebabnya seseorang menjadi mengantuk.

Pada orang dewasa porsi makan tidak lagi sama dengan porsi makan anak-anak yang membutuhkan kompisisi gizi lengkap. Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan komposisi gizi lengkap untuk tumbuh kembangnya. Sedangkan pada orang dewasa kompisisi gizi yang diperlukan disesuaikan dengan aktifitasnya.  Pada pekerja luar ruang yang melakukan banyak aktifitas fisik, komposisi gizi dengan kandungan karbohidart banyak memang diperlukan tapi pada pekerja dalam ruang dan lebih memerlukan pemikiran daripada aktifitas fisik, maka karbohidrat tidak perlu terlalu banyak.

Dalam komposisi  priirng makan sehatku, disarankan untuk orang dewasa berisi 1/3 karbohidrat, sisanya protein, sayur dan buah. Oh ya, apa yang di makan sebelum tidur juga akan mempengarui kondisi tidur seseorang. Di sarankan makan lebih kurang 2-3 jam sebelum tidur. Tidak minum minuman yang mengandung cafein, hindari makanan yang mengandung gula.  Hal ini dikarenakan memberi kesempatan tubuh mengolah dan mencerna makanan sebelum tidur.

Pada kondisi perut penuh lalu tidur, makanan tidak akan tercerna dnegan baik dan tidak memberi kesempatan organ tubuh berisitirahat. Padahal sejatinya tidur, juga memberi kesempatan organ-organ dalam tubuh beristirahat.Hal lain yang dapat dilakukan agar bisa tidur adalah menenangkan diri dan tubuh.



Hyponotherapys,  Diana Elsa, yang juga seorang Doula, berbagi cara menenangkan tubuh menjelang tidur. Pertama mengkondisikan usasana ruan tidur senyaman mungkin. Baik alas tidur, pencahayaan kalau perlu dengan terapi music. Diana elsa juga memberi tips mengantar tidur dengan bandul pendulum.  Bagi sebagian orang yang susah tidur, bandul pendulum dapat membantu.




Setelah ruangan siap, kita dapat duduk dengan santai di tenpat tidur dan memegang bandul pendulum dengan tangan, lurus ke depan. Cari satu titik pada pendulum, di mana kita fukue menatapnya.  Dengan kekuatan pikiran yang disalurkan ke seluruh tubuh.  Pendulum akan bergerak. Dengan menatap pendulum dan membiarkan tubuh dan pikiran rileks akan membuat kita masuk pada tahap pertama REM.  Ikuti terus dengan melemaskan seluruh anggota tubuh, maka perlahan-lahan akan melewati REM satu hingga ke 4 dan masuk pada alam tidur yang paling lelap.

Di jamin besok pagi bagungun dengan tubuh yang segar. Tapi saat bangun juga nggak disarankan langsung lompat/turun dari tempat tidur. Memang kadang kita sudah ingin pipis. Kalau saya, yang saya lakukan adalah duduk di tempat tidukt, mengatur napas. Dan melakukan senam ringan, sekitar 3-5 menit. Baru turun dan buang air kecil. Setelah beraktifitas seperti biasa.


Alas tidur, asupan makanan dan olahraga menjadi 3 hal penting untuk tidur., Namun untuk mendapatkan tidur yang berkualitas Matras SERTA bisa menjadi pilihan. Karena sudah terbukti sebagai brand no satu karena kualitas latex. desain yang elegan, kain penutup terbaik, membuat Matras SERTA dapat mengantar tidur yang lelap. Istirahat yang cukup membuat seseorang bisa melakukan banyak hal dengan baik pula.

3 comments:

tina sindi said...

Makasih tips nya bund....mau coba Hyponotherapys ah biar badan segar pas bangun tidur, soalnya saya suka sakit pinggang nih kalau bangun tidur. Martadinata Serta jg bs jadi rekomendasi nih...

Elva Susanti said...

Ternyata tempat tidur jg menjadi salah satu hal yang penting ya, saya pikir alas tidur apapun sama aja, ternyata tidak

Echi Mustika said...

Saya suka ngobrol bahas apapun dengan anak dan suami diatas tempst tidur, jadi butuh tempst tidur yg nyaman dan awet