Wednesday, November 21, 2018

Saya Suka Tema Blog yang Dekat di Hati




Kegiatan menulis yang Nyonya Bawel lakukan, adalah bagian dari kesenangan. Memintal kata menjadi kalimat yang berkelindan hingga terbentuk sebuah kisah, memang tidak mudah. Bahkan membutuhkan keahlian. Maka tak heran kalau bagi sebagian orang, menulis sesuatu yang sulit.  Oh ya, menulis adalah sebuah ketrampilan yang bisa dipelajari. Setiap orang boleh dan bisa ngeblog atau menjadi blogger. Tapi ngeblog yang seperti apa, kembali pada "minat" dan "kesenangan". Cek di sini, alasan mengapa saya ngeblog.


Karena menulis bisa dipelajari, maka siapapun boleh belajar menulis. hal yang akan membedakan adalah "rasa" yang ada dalam tulisan tersebut. Rasa apa? Penulis atau blogger yang menulis karena memang menyukai pekerjaan/kegiatan menulis itu, pasti paham yang dimaksud Nyonya Bawel. rasa adalah "ruh". Ruh si penulis akan dapat dirasakan atau tersampaikan ke pembaca jika si penulis menuliskannya dengan sepenuh rasa.

Memiliki minat dan kesenangan pada apa yang dikerjakan, akan membuat pekerjaan tersebut ringan. Demikian juga dengan menulis, harus bebas dari rasa tertekan. karena menulis harusnya menjadi saluran pelepasan dari tekanan. Dengan menulis, seharusnya tiap orang bisa menyalurkan tekanan yang dirasa dengan positif.


Tentunya tak lepas dari tema atau topik-topik yang di tulis. Karena Nyonya Bawel,  perempuan, istri dan ibu, maka Nyonya Bawel menyukai tema besar yang terkait dengan keluarga. Tema keluarga sangat luas. Bisa pendidikan, kejiwaan, hubungan suami-istri, kemanusiaan, dan banyak lagi. termasuk menuliskan kisah perjalanan.

Tema keluarga adalah tema umum, namun  jika dituliskan orang lain akan menghasilkan kisah yang berbeda-beda. Karena ada "rasa" yang cuma bisa dirasakan oleh mereka yang mejalani atau mengalami. Tema keluarga, misalnya. Tiap-tiap keluarga memiliki nilai panutan yang berbeda-beda, maka otomatis akan lekat dengan sikap, prilaku, pendidikan, pengalaman dan latar belakang masing-masing. 



Artinya tiap-tiap orang jika menuliskan dengan tema keluarga, akan menghasilkan kisah yang berbeda pula yang jika dibagikan dan dibaca akan memperkaya, wawasan. Umumnya yang mampu merasakan "ruh" si penulis dalam sebuah tulisan adalah mereka yang memiliki kesamaan rasa. Kesamaan rasa antara penulis dan pembaca akan menyambungkan getar kimiawi. hal semacam ini yang menimbulkan "rasa  senasib atau rasa kagum", yang akhirnya membentuk tali ikatan antar jiwa. 

Bahkan tak sedikit, pembaca yang bisa mengenali rasa dalam sebuah tulisan, sehingga bisa mengenali tulisan tersebut tanpa harus ada informasi, siapa penulisnya. Dan buat Nyonya Bawel menuliskan tema yang dekat di hati, seperti keluarga, membuat tulisan mengalir begitu saja tanpa harus mengerutkan kening. 

Buat Nyonya Bawel, 
keluarga adalah sumber cerita 
yang tak pernah habis.
Bahkan selalu ada hal baru.

Nah kalau kamu penulis atau blogger, tema apa yang kamu sukai?

1 comment:

Hida said...

Keluarga segalanya ya bun.. Dengan keluarga bonding tercipta.